Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan yang mempelajari cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas sebuah aplikasi.
Konsentrasi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah salah satu Progam Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim  dalam bidang keahlian Teknologi Informasi yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer. 
Program unggulan yang kami fokuskan di Rekayasa Perangkat Lunak SMK Muhammadiyah 2 Kuningan yakni pengembangan website dan game.
Lulusan RPL saat ini sangat dibutuhkan untuk menjawab banyaknya kebutuhan industri bagi ketersediaan tenaga Teknisi dalam bidang pengembangan software. Beberapa ruang lingkup pekerjaan di bidang RPL memiliki peluang yang besar untuk bekerja dan berwirausaha pada lingkup kerja/bidang usaha Software Developer, Game Development, Software Tester, Software Engineering, Software Analis dan Integrator, Konsultan IT dan Programmer. 

GABUNG SEKARANG!!
Gambar RPL

Visi dan Misi

Menjadi Program Keahlian yang mampu menyelenggarakan pendidikan IT bidang Rekayasa Perangkat Lunak yang berkualitas, kreatif dan inovatif. Serta memiliki daya saing global yang mendukung ekonomi kreatif.
  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang rekayasa perangkat lunak yang kompeten sesuai dengan kebutuhan saat ini dan akan datang. 
  2. Upskilling peserta didik melalui penyelenggaraan praktek kerja lapangan, Upskilling Guru untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi.
  3. Link and match kurikulum RPL dengan industri yang mendukung pengembangan IT khususnya bidang RPL
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang sesuai dengan kompetensi Keahlian 
Gambar RPL

Apa Saja Yang Kami Pelajari?

Berikut ini adalah beberapa materi khusus yang kami pelajari di Rekayasa Perangkat Lunak

Card image
Dasar-dasar kejuruan

Mata Pelajaran yang dipelajari dikelas 10 mencakup kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Rekayasa Perangkat Lunak mulai dari coding desain dan algoritma, Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)

Card image
Pengembangan Aplikasi Website

Mempelajari proses pengembangan aplikasi website dengan menggunakan HTML, CSS, JS, dan Framework Website Dinamis (Laravel).

Card image
Pemrograman Perangkat Bergerak

Pada mata Pelajaran ini, teman-teman akan mempelajari Integrated Development Environment, framework dan bahasa pemrograman untuk pengembangan aplikasi perangkat bergerak/mobile menggunakan Android Studio.

Card image
Game Development

Mata Pelajaran Pilihan di jurusan rekayasa perangkat lunak SMK Muhammadiyah 2 Kuningan yang mempelajari konsep pengembangan game dengan menggunakan tools unreal engine dan unity.

Card image
UI/UX Design

Mata Pelajaran yang termasuk kedalam perancangan perangkat lunak bagaimana mendefinisikan fungsi aplikasi, pembagian peran pengguna (user role), pembagian modul aplikasi dan desain Antarmuka Pengguna (UI/UX) menggunakan FIGMA.

Card image
Perancangan Database

Pada mata pelajaran ini, teman-teman akan mempelajari bagaimana merancang sebuah database. Database adalah tempat penyimpanan data. Data pengguna yang masuk dari aplikasi, disimpan di dalam database ini.

Mitra Industri Pasangan

Kami bermitra dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri yang relevan dengan Konsentrasi Keahlian dalam upaya meningkatkan kualitas dan keterserapan lulusan

Inovindo Digital Media

Mitra Industri Lainnya

Selain bermitra dengan Dunia Industri atau Dunia Usaha pasangan, kami juga bermitra dengan beberapa Dunia Industri dan Dunia Usaha lainnya sebagai upaya meningkatkan kualitas dan keterserapan lulusan

Samsung Tech Institute